For a better experience, click the Compatibility Mode icon above to turn off Compatibility Mode, which is only for viewing older websites.

S1 Arsitektur

Arsitektur adalah bidang ilmu yang mempelajari tidak hanya apa dan bagaimana sebuah bangunan, tapi juga tentang pemukiman, kawasan dan bahkan kota. Karenanya memahami dan menguasai Arsitektur mesti memahami aspek dan konteks yang selalu melingkupinya, baik lingkungan alamnya, estetika, budaya, psikologi perilaku manusia, ekonomi, hukum, teknologi, sistim konstruksi, menejemen konstruksi dan lain sebagainya.

Program studi Arsitektur Universitas Matana memiliki metode, kurikulum, fasilitas dan dosen pengajar yang siap memfasilitasi proses pembelajaran secara komprehensif dan aplikatif agar mahasiswa dapat memahami dan menguasai Arsitektur dengan segala aspek dan konteks yang melingkupinya.

Visi Prodi Arsitektur Matana

  1. Menghasilkan lulusan sarjana arsitektur yang memiliki kompetensi, integritas dan kredibilitas tinggi yang senantiasa menghargai manusia dan kemanusiaan
  2. Menjadi salah satu Prodi Arsitektur terbaik di Indonesia pada tahun 2025.

Misi Prodi Arsitektur Matana

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi perencanaan & perancangan, teknis dan estetika yang unggul sekaligus berkemampuan mandiri di bidang arsitektur.
  2. Menyelenggarakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan dunia arsitektur di masa kini dan mendatang, sehingga para lulusan mampu bersaing di tingkat lokal maupun global.
  3. Menyelenggarakan penelitian ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat di bidang arsitektur secara mandiri dan melalui kerjasama dengan institusi formal lain, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.


Proses Pembelajaran

Dalam proses pembelajarannya,Program Studi Arsitektur Universitas Matana, menggunakan tiga (3) pendekatan untuk mendorong mahasiswa dapat memahami dan menguasai bidang Arsitektur serta memiliki integritas ketika menyelesaikan studi dan bekerja kelak.

  1. Pendekatan pertama, perkuliahan dikelas regular dengan materi yang komprhensif dan aktual serta perkuliahan di studio perancangan yang di bimbing langsung oleh para arsitek berpengalaman > 10 tahun, dengan rasio 1 dosen pembimbing : 6 mahasiswa.
  2. Pendekatan studi kasus dan ekskursi (kunjungan lapangan) yang banyak dilakukan disetiap semesternya. Sehingga mahasiswa dapat memiliki pemahaman yang lengkap, baik ditataran teoritis maupun praktek.
  3. Pendekatan pembentukan karakter dan sikap integritas, pelayanan dan saling menghargasi melalui pembinaan kemahasiswaan oleh campus ministery center.



Tahapan pembelajaran dan kompetensi

  1. Tahun pertama, mahasiswa diberi pengetahuan dan penguasaan semua elemen dasar bangunan, sebagai pijakan perancangan Arsitektur bangunan (1-2 lantai).
  2. Tahun kedua, mahasiswa diberi pengetahuan dan penguasaan prinsip utama dan konteks yang mempengaruhi perencanaan dan perancangan bangunan umum (3-6 lantai) bentang besar dan Interior. Mahasiswa mulai melakukan kunjungan lapangan (Jabodetabek) dan kerja praktek tahap awal.
  3. Tahun ketiga, mahasiswa diberi pengetahuan dan penguasaan lebih jauh tentang perencanaan dan perancangan bangunan tinggi (≥10 lantai), konteks yang mempengaruhi dan pengetahuan tentang pemukiman, kawasan dan perkotaan. Mahasiswa juga melakukan studi ekskursi (jabodetabek / luar kota) dan kerja praktek tahap kedua.
  4. Tahun keempat, mahasiswa diberi pengetahuan dan penguasaan lanjut tentang perencanaan dan perancangan bangunan multi fungsi (mixed use) dan kerja praktek tahap final. Di semester akhir (8), mahasiswa akan menyusun skripsi penelitian dengan dua pilihan topik dasar, Arsitektur bagunan atau kawasan/kota.



Peluang Karir

Dengan pola pembelajaran di Program Studi Arsitektur Universitas Matana yang komprehensif, lulusan Arsitektur Universitas Matana dapat berperan penting dalam beragam bidang :

  1. Arsitektur (sebagai Pekerja Profesional)
  2. Di biro konsultan perancang bangunan, kawasan/kota & Interior, pengembang properti, kontraktor, menejemen konstruksi (MK)
  3. Konsultan yang terkait Arsitektur (sebagai Pekerja Profesional)
  4. Sebagai konsultan di perusahaan Appraisal, Quantity Surveyor, Value Engineering dan lainnya.
  5. Pegawai Negri Sipil (PNS)
  6. Kementrian PU, Bapeda, Bapenas, Pariwisata, Pemda kota/provinsi dan lainnya.
  7. Akademisi / Ilmiah
  8. Dosen pengajar, Peneliti, Penulis ilmiah Arsitektur & Interior
  9. Pengusaha (bekerja mandiri di bidang Arsitektur dan yang terkait)
  10. Arsitek perancang Arsitektur & Interior, pengusaha rancang bangun, pengembang properti dan lainnya.



Fasilitas dan Kerjasama

Fasilitas pembelajaran menggunakan ruang kelas yang ber AC dengan kapasitas maksimum 30 mahasiswa per kelas proyektor agar efektifitas pembelajaran terjamin.

Khusus untuk mata kuliah utama (perancangan), perkuliahan di ruang studio dengan meja khusus dengan rasio dosen pembimbing 1 : 6 mahasiswa.

Fasilitas pendukung lainnya adalah laboratorium komputer dan perpustakaan yang lengkap berikut jurnal imliah nasional dan internasional. Juga sarana olah raga, diantaranya futsal, bola basket dan lainnya.

Selain fasilitas pendukung, Universitas Matana juga telah bekerja dengan beberapa lembaga penting seperti misalnya, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Asosiasi Perguruan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI), juga beberapa perusahaan konsultan arsitektur dan pengembang properti, diantaranya adalah Paramount land dan Parador.