For a better experience, click the Compatibility Mode icon above to turn off Compatibility Mode, which is only for viewing older websites.

S1 Sistem Informasi



Ikhtisar

Program studi Sistem Informasi adalah program studi yang mempelajari ilmu komputer (hardware/software) yang diarahkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis perusahaan, organisasi, dan sebagainya sehingga semua kegiatan prosedur/transaksi bisnis dilakukan secara otomatis menggunakan Teknologi Informasi.

    Visi

    Menjadi Program Studi Sistem Informasi terpercaya berwawasan global, yang berperan dalam meningkatkan kualitas ilmu Sistem Informasi, yang merupakan karunia Hikmat Tuhan, untuk kesejahteraan umat manusia.

    Misi

    Menyiapkan dan mendidik generasi penerus menjadi Sarjana Komputer bidang Sistem Informasi yang penuh kasih dan ahli dibidangnya serta berjiwa entrepreneur, yang mampu berkiprah dalam dunia bisnis global melalui pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

    Tujuan

    Membentuk peserta program studi Sistem Informasi menjadi insan yang berkeahlian (berkompetensi) dibidangnya, penuh kasih, berwawasan luas, mengikuti dan menerapkan trend perkembangan ilmu Sistem Informasi, professional, disertai sikap nasionalis dan watak yang jujur dan ethos kerja yang tinggi.

Profil Lulusan



Information System Manager (IS Manager)

Mampu mengimplementasi teknologi dalam suatu organisasi dan mengarahkan tim pekerja sistem dan analis bisnis, pengembang, spesialis dukungan dan berbagai pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan komputer. Memiliki bekal berpengalaman dengan keahlian teknis ditambah dengan pemahaman tentang prinsip-prinsip bisnis dan manajemen.

Information Technology Manager (IT Manager)

Mampu melaksanakan dan menjaga infrastruktur teknologi organisasi. Bisnis yang mengandalkan pusat sistem pengolahan informasi untuk mendukung komunikasi dan manajemen data yang efisien. Manajer TI menentukan kebutuhan operasional teknologi informasi bagi organisasi, penelitian strategi dan solusi teknologi, dan membangun sistem biaya yang paling efektif dan efisien untuk mencapai tujuan bisnis organisasi.

Information System Development Project Manager

Berperan sebagai wirausahawan yang mampu untuk mengimplementasikan teknologi informasi ke dalam suatu organisasi, me-manage tim IT (analis sistem, perancang sistem, programmer, administrator jaringan, database, dan lain sebagainya) dengan kemampuan teknis dan bisnis serta manajemen.

Database dan E-Business Manager

Bertanggung jawab untuk menciptakan dan melaksanakan rencana strategi elektronik perusahaan menjual produk dan layanan online. Lulusan ini mengintegrasikan sistem elektronik berbasis IT secara online berkolaborasi dengan tim bisnis pemasaran dan manajemen penjualan dan memberikan informasi yang akurat kepada mitra bisnis.

IT/IS Consultant

Menjadi seorang profesional di bidang teknologi informasi dan sistem informasi dengan memiliki kemampuan konsultan untuk membantu memecahkan masalah bisnis dengan menggunakan pendekatan/solusi IT.

System Analyst

Menjadi seorang profesional IT yang mengkhususkan diri dalam menganalisis, merancang dan mengimplementasikan sistem informasi. Memiliki kemampuan menilai kesesuaian kebutuhan sistem informasi yang diinginkan oleh user untuk kebutuhan bisnis. Pekerjaannya bekerja sama dengan vendor piranti lunak dan programmer, memecahkan masalah bisnis menggunakan teknologi informasi sebagai solusi yang tepat untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

System Designer

Menjadi seorang profesional IT yang memiliki kemampuan merancang sistem informasi dan mengembangkan solusi yang memaksimalkan efisiensi dan produktifitas organisasi bisnis dengan cara merangkai berbagai sumber daya IT (piranti lunak, perangkat keras, jaringan komputer, prosedur, dan lain sebagainya).

Database Administrator

Memiliki tanggung jawab atas kinerja, integritas dan keamanan database. Merencanakan dan mengembangkan database, kaitannya dengan pengembangan dan pembangunan aplikasi sistem informasi khususnya merancang dan mendefinisikan penyimpanan data untuk kebutuhan bisnis enterprise.

Auditor Sistem Informasi

Mampu bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan dan kontrol terhadap transaksi keuangan yang berjalan di dalam sistem komputer dan mengatur agar proses komputasi dapat berjalan dengan baik serta melakukan evaluasi terhadap sistem informasi yang berjalan di dalam perusahaan.

Konsentrasi/Peminatan

Enterprise Application

Integrasi Entrprise Application merupakan integrasi framework yang terdiri dari kumpulan teknologi dan layanan yang membentuk middleware atau "Middleware Framework" untuk memungkinkan integrasi sistem dan aplikasi di seluruh perusahaan.

Banyak jenis software bisnis seperti aplikasi Supply Chain Management (SCM), aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP), aplikasi Customer Relationship Management (CRM) digunakan untuk mengelola pelanggan, aplikasi Business Inteligence, Payroll dan sistem Human Resources biasanya tidak dapat berkomunikasi satu sama lain untuk berbagi data atau aturan bisnis, sehingga dibutuhkan integrasi Enterprise Application untuk menghubungkan aplikasi seperti itu dalam satu organisasi secara bersama-sama yang diperlukan untuk menyederhanakan dan mengotomatisasi proses bisnis semaksimal mungkin, sementara pada saat yang sama dapat menghindari keharusan membuat perubahan besar pada aplikasi atau struktur data yang sudah ada sebelumnya.

Pada peminatan Enterprise Application, mahasiswa akan belajar lebih dalam mengenai langkah-langkah strategis dari konsep perancangan, analisis, dan implementasi sebuah sistem informasi di perusahaan terkait dengan manfaatnya bagi perusahaan. Mahasiswa juga akan dibekali dengan ilmu dan wawasan mengenai enterprise system suatu perusahaan dan bagaimana sebuah sistem informasi dapat menambah value bagi perusahaan.

Applied Database

Peran database dalam organisasi nirlaba dan nirlaba memiliki peranan yang sangat besar. Bahkan banyak UKM (Usaha Kecil dan Menengah) mulai memperhatikan manajemen data seiring dengan perkembangan bisnisnya. Perusahaan besar yang memiliki database yang sangat besar memerlukan seorang professional untuk mengelolanya, sehingga profesional di bidang ini akan terus dibutuhkan karena akan selalu ada Data Management di setiap perusahaan.

Pada peminatan Applied Database. mahasiswa akan diarahkan untuk memahami berbagai solusi untuk membantu level manajemen, para pemimpin dalam mengambil keputusan dari operasi data yang besar (data warehouse, data mining, big data) dengan menggunakan berbagai algoritma seperti: Linear, Simplex, Transportation, Decision Support System (DSS) , GSS, EIS, Expert System), termasuk Business Intelligence, sehingga dapat memanipulasi database dengan menggunakan tools yang ada.

Kompetensi

Pengetahuan

  • Memahami prinsip dasar manajemen dan organisasi.
  • Memahami prinsip dasar bisnis dan kewirausahaan.
  • Memahami prinsip dasar algoritma dan pemrograman.
  • Memahami prinsip dasar sistem dan jaringan.
  • Memahami prinsip dasar akuntansi dan keuangan.

Ketrampilan/Keahlian

  • Menggunakan berbagai bahasa pemrograman komputer sebagai salah satu dasar untuk membangun sistem aplikasi.
  • Menggunakan pengetahuan akuntansi dan keuangan agar sistem aplikasi yang dibuatnya itu dapat diimplementasikan mengikuti kaidah bisnis pada umumnya.
  • Melakukan analisa terhadap kegiatan di suatu organisasi berdasarkan logika dan algoritma komputer yang dikombinasikan dengan manajemen untuk menghasilkan disain bisnis yang berbasis ICT.
  • Merancang sistem aplikasi bisnis berbasis ICT skala modular dan enterprise.
  • Menggunakan berbagai algoritma komputer untuk membangun aplikasi pendukung pembuatan keputusan.
  • Mengolah data hingga skala besar (big data) agar kegiatan data warehouse dan data mining bisa menghasilkan berbagai informasi yang berguna untuk semua kalangan.

Masa Perkuliahan

  • Selama 8 semester.
  • Tiap semester 16 pekan yang terdiri dari: 14 kali tatap muka di kelas/laboratorium dan 2 kali ujian.
  • Minimal 145 SKS agar memperoleh gelar Sarjana Komputer.

Fasilitas Perkuliahan

  • Ruang kelas berbasis multimedia
  • Laboratorium pemrograman
  • Laboratorium database
  • Laboratorium jaringan komputer