For a better experience, click the Compatibility Mode icon above to turn off Compatibility Mode, which is only for viewing older websites.

Sejumlah Siswa SMK Cinta Kasih Tzu Chi Mengikuti Workshop Pembuatan Robotic

Diposkan pada 20 Januari 2020

Sebanyak 34 siswa kelas X Jurusan Rekaya Perangkat Lunak SMK Cinta Kasih Tzu Chi Jakarta antusias mengikuti kegiatan "Workshop Robotic" di Lab Komputer Gedung SMAS Cinta Kasih Tzu Chi, Rabu (15/01/2020). Workshop ini akan berjalan selama tiga pertemuan. Setiap pertemuan ada materi khusus yang disiapkan, agar siswa terampil merakit dan memprogram robot.

Workshop ini adalah salahsatu program PKM dari kolaborasi prodi Sistem Komputer dan Teknik Informatika Matana University. Tema workshop ini adalah "Terampil Merakit dan Memprogram Robot Sesuai Rancangan". Dengan menghadirkan enam (6) orang narasumber yang kompeten di bidangnya. Enam narasumber tersebut adalah Asep Saefullah, M.Kom, Eliando Kilapong, S.Kom, MTI, Ary Budi Warsito, M.Kom, Yunianto Purnomo, M.Kom.

Menurut PIC Workshop Asep Saefullah, M.Kom, dalam laporannya, mengatakan, kegiatan workshop robotic ini diikuti oleh siswa kelas X Jurusan Rekaya Perangkat Lunak sebanyak 34 orang peserta. Diterangkannya, workshop robotics ini bertujuan, siswa dapat terampil merakit dan memprogram robot agar dpt berfungsi sesuai rancangan. Pada awal pertemua, siswa disosialisasikan mengenai komponen persiapan untuk memulai workshop.

Pada pertemuan kedua dan ketiga, para siswa ini sudah diarahkan untuk merancang bangun robot. Robotic yang disiapkan yaitu seperti robot penyiram tanaman, robot pengatur tempat sampah dan robot pengatur lampu lalu lintas.

Kegiatan workshop dimulai sejak pagi hari. Siswa sangat antusias pada kegiatan wokshop hari ini. Durasi kegiatan workshop berlangsung tiga pertemuan dan empat jam full praktikum dikelas.