For a better experience, click the Compatibility Mode icon above to turn off Compatibility Mode, which is only for viewing older websites.

Pengenalan Standard Housekeeping kepada Pengelola Penginapan di Padepokan Seni Bela Diri di Cimande, Ciawi Bogor.

Diposkan pada 03 Februari 2019

Cimande adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, yang letaknya di antara Gunung Pangrango dan Gunung Salak. Seni bela diri Cimande merupakan salah satu kekayaan budaya masyarakat yang ada di Indonesia. Dengan berlatar belakang nilai budaya dan kearifan lokal yang masih melekat kuat, Cimande memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai lokasi tujuan wisata minat khusus yang berbasis kebudayaan.

Bentuk nyata dari LPPM Matana University sebagai salah satu Lembaga resmi yang bergerak di bidang pengabdian kepada masyarakat, memberikan dukungan sepenuhnya dalam kegiatan dari program studi Hospitaliti dan Pariwisata dalam "Pengenalan Standard Housekeeping kepada Pengelola Penginapan di Padepokan Seni Bela Diri di Cimande, Ciawi Bogor. pada hari Rabu, 15 Januari 2020. Adapun tujuan kegiatan kegiatan yang dilaksanakan yaitu untuk membantu pilot project home stay Desa Cimande untuk tiga semester kedepan bersama Matana University.

Ada tiga tahap dalam kerjasama pilot project home stay Desa Cimande . Pertama, warga akan diberikan menyuluhan, selanjutkan akan diberikan pelatihan bagaimana standar home stay untuk desa cimande, lalu yang ketiga yaitu mengimplementasikan sebuah pilot project ala desa Cimande.

Selain pelatihan untuk membuat home stay, masyarakat Desa Cimande juga berharap dapat pelatihan bahasa inggris yang bertujuan untuk menjamu tamu- tamu mancanegara dan yang terakhir, pelatihan higiene sanitasi untuk produk makanan dan minuman masyarakat Desa Cimande.

Cimande di pilih karena sudah sejak dahulu menjadi desa wisata, namun belum sepenuhnya di bangun untuk pariwisata. Ini sebagai peluang yang baik untuk saling sinergi. Dengan kerjasama pilot project dan pelatihan, di harapkan kedepannya ini dapat menjadi proyek percontohan untuk desa-desa lainnya.