For a better experience, click the Compatibility Mode icon above to turn off Compatibility Mode, which is only for viewing older websites.

Share and Care with Management Student Community (MSC)

Diposkan pada 10 Oktober 2020

Minggu pertama, kegiatannya adalah membuat adonan clay untuk gantungan kunci dari tepung serta membentuknya sesuka hati

Berbagi merupakan hal alami yang bisa dilakukan manusia. Secara naluri, setiap orang ingin memberi dan menerima. Ada beragam cara untuk berbagi, karena berbagi tidak selalu soal materi, semua bisa dimulai dari hal-hal kecil

Dalam hal ini, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Matana University atau biasa dikenal Management Student Community (MSC) menjalankan sebuah event rutin dari program kerja divisi Human Resources yaitu bakti sosial. Sebuah program kerja tahunan kali ini dibuat dengan konsep yang berbeda dengan mengambil tema "Share & Care With MSC 4". Konsep dengan tema ini diusung sebagai bentuk kegiatan sosial dari MSC tahun ke empat.

Minggu kedua, kegiatan yaitu menghias gantungan kunci dengan cara mewarnainya dengan cat air

Pada kegiatan sosial tahun ini, MSC 4 memilih Roemah Tawon yang didirikan pada tahun 2013 oleh pemuda yang berlatar belakang sebagai pengamen jalanan untuk bekerja sama dalam menyelenggarakan kegitan sosial tersebut.

Roemah Tawon sendiri merupakan tempat belajar yang berada di pinggiran rel kereta Tanah Tinggi, Tangerang. Roemah Tawon merupakan organisasi non profit yang berfokus pada kegiatan edukasi seni dan budaya. Organisasi tersebut memfasilitasi anak jalanan yang tinggal di sekitar Tanah Tinggi untuk belajar.

Minggu terakhir, kegiatannya yaitu menyerahkan donasi

Tanah milik keluarga salah satu warga disana menjadi lokasi dibangunnya rumah singgah untuk belajar. Namun, pada awal tahun 2019, lokasi yang sudah bertahun-tahun digunakan sebagai tempat belajar Roemah Tawon digusur, sehubungan dengan adanya pembangunan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Bandara Soekarno-Hatta - Alam Sutera. Sehingga, kegiatan belajar di Roemah Tawon sementara ini dilakukan di sekitar pekarangan rumah warga.

Sebelum memulai kegiatan ini MSC 4 mengadakan open volunteer dan mengumpulkan donasi yang dikhususkan untuk mahasiswa jurusan manajemen agar dapat berpartisipasi langsung dan merasakan pengalaman baru pada masa kuliahnya. Tugas Volunteer dalam kegiatan ini untuk mendampingi adik-adik Roemah Tawon saat kegiatan berlangsung. Bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu sharing session dengan tema membuat gantungan kunci dan donasi. Kegiatan ini berlangsung sebanyak tiga kali pertemuan, setiap hari sabtu selama bulan Maret 2020.

Minggu pertama, kegiatannya adalah membuat adonan clay untuk gantungan kunci dari tepung serta membentuknya sesuka hati. Minggu kedua, kegiatan yaitu menghias gantungan kunci dengan cara mewarnainya dengan cat air. Minggu terakhir, kegiatannya yaitu dengan memasangkan ring gantungan kunci dan donasi. Namun, kegiatan ini harus ditunda sehubungan adanya PSBB karena pandemi COVID-19. Kegiatan minggu terakhir pun dilangsungkan pada 3 Oktober 2020 hanya dengan menyerahkan donasi sebagai penutup acara dari "Share & Care With MSC 4".