close
Content Festival

For a better experience, click the Compatibility Mode icon above to turn off Compatibility Mode, which is only for viewing older websites.

Making Indonesia 4.0: Momentum Industri Indonesia Mapan Melalui Pengembangan Budaya Penelitian

Diposkan pada 29 Maret 2019

Setelah dicanangkan sebagai agenda nasional oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tajuk Making Indonesia 4.0, Indonesia diharapkan mampu menembus 10 besar Negara elit dunia pada tahun 2030. Dari kacamata industri, ada lima sektor yang akan menjadi prioritas pengembangannya pada tahap awal implementasi Making Indonesia 4.0. Kelima sektor itu adalah industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, elektronik, serta kimia.

Terkait agenda nasional tersebut, dunia pendidikan menunjukkan optimismenya. Salah satunya adalah Universitas Matana. Sebagai salah satu universitas yang memiliki visi untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia dan menghasilkan lulusan dengan standar internasional, Universitas Matana pada tanggal 19 - 20 Maret 2019 akan mengadakan acara Seminar dan Lokakarya Kualitatif Indonesia 2019 dengan tema "Pengembangan Budaya Penelitian Menuju Indonesia 4.0".

Melalui kegiatan ini, Universitas Matana mulai menyiapkan para mahasiswa agar terbiasa untuk melakukan penelitian, yang nanti akan menjadi bagian dari budaya pendidikan di Indonesia. Ditemui disela kegiatan yang diadakan di kampus Universitas Matana, Arry Basuseno, MBA, Ph.D, Rektor Universitas Matana, mengatakan "Kami ingin menjadikan Universitas Matana sebagai kampus yang dapat menjadikan penelitian sebagai budaya para mahasiswanya. Tentunya, kami juga berharap ketika para mahasiswa sudah memiliki budaya untuk melakukan penelitian, maka ketika mereka lulus dapat merespons kebutuhan untuk mencapai Revolusi Industri 4.0 di Indonesia de ngan tepat. " , ujarnya.

Revolusi Industri 4.0 mulai ditandai dengan bersatunya beberapa teknologi, sehingga kita melihat dan merasakan suatu era baru yang terdiri dari sistem fisik - cyber, Internet of Things, dan Internet of Systems. Mengutip dari Forbes, revolusi industri generasi keempat bisa diartikan dengan adanya ikut campur sebuah sistem cerdas dan otomasi dalam industri. Hal ini digerakan oleh data melalui teknologi machine learning dan AI.

Untuk menjawab hal tersebut, maka Seminar dan Lokakarya Kualitatif Indonesia 2019 ini diharapkan mampu menjadi peletak dasar sekaligus memberi arahan substansif bagi pembangunan berkelanjutan yang tengah dipacu Indonesia yaitu dalam membangun narasi kolektif tentang pengembangan budaya penelitian, khususnya penelitian kualitatif yang sesuai dengan perubahan peradaban menuju Indonesia 4.0" tambah Arry Basuseno, MBA, Ph.D.

Berdiri sejak tahun 2014, saat ini Universitas Matana fokus mendidik para calon eksekutif bisnis dan pemimpin masa depan dalam berbagai bidang ilmu, dengan penekanan yang seimbang antara pengetahuan akademik, pengembangan kemampuan soft skills dan pembentukan karakter mahasiswa yang menyeluruh. Lulusan Universitas Matana diharapkan memiliki integritas (integrity), penatalayanan (stewardship), serta saling menghargai (respect) terhadap pemangku kepentingan dalam semangat integritas dan pelayanan.