Universitas Matana

Dr. Markus Jacob Papilaja, M.S

Wakli Rektor I Bidang Akademik

Dr. Marcus Jacob Papilaja, MS menyelesaikan S1 nya di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar tahun 1982. S2 Akuntansi tahun 1990 dari Fakultas Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada (UGM), kemudian menyelesaikan studi doktor (S3) dalam bidang Sistem & Permodelan Industri Perikanan Tangkap pada Fakultas Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2012.

Berkarier sebagai dosen dengan mengasuh mata kuliah Dasar/Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Pengendalian Manajemen, Metodologi Penelitian, Manajemen Keuangan, dan Seminar Teori Akuntansi, dimulai sebagai dosen pada Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura sejak tahun 1982, Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Universitas Darusalam di Ambon, dan di STIE Otto & Geysler di Fak-fak, Irian Jaya. Sejanjutnya mengajar di beberapa universitas di Jakarta sejak tahun 2011, yaitu Universitas Pelita Harapan, Universitas Bung Karno, Ukrida, dan sekarang di Universitas Matana. Pangkat akademik sekarang adalah Lektor.

Selain berkarier sebagai pengajar dan peneliti, juga menduduki berbagai jabatan di dunia pendidikan (Ka. Prodi; Dekan; Direktur Program Extension; maupun Kepala Pusat Pengembangan Ekonomi & Manajemen, serta Ketua Yayasan pendidikan tinggi, Direktur Penjaminan Mutu, dan Wakil Rektor), dan juga di bidang politik (Ketua ormas pemuda dan Parpol) serta pemerintahan (Ketua DPRD, dan Walikota). Sekarang menjabat sebagai Wakil Rektor I ( bidang akademik) Universitas Matana. Selama berkarier sebagai dosen maupun pejabat pemerintahan, berbagai penghargaan telah diperoleh diantaranya dosen teladan nasional (1997); 2 Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI, penghargaan dari Unicef, dan berbagai penghargaan dari Menteri Sosial, Menteri Kebudayaan & Pariwisata, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Menko Kesra, Menteri PU, Kepala BKKBN, dan Menteri Kehutanan.