Universitas Matana

Evalien Suryati, S.Sos, M.Hum

Ka. Bag. Perpustakaan

Dia menyelesaikan pendidikan S2 Ilmu Perpustakaan di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Universitas Indonesia (UI). Sedangkan S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan diselesaikannya di Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan D2 Ilmu Perpustakaan dan Informatika Pertanian diperolehnya dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dia meniti karir sebagai pustakawan akademik sejak tahun 1984 dengan bekerja di Perpustakaan Universitas, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga. Selain berkarir sebagai tenaga fungsional pustakawan, sejak tahun 1986 dia mendapatkan kepercayaan untuk juga mengembangkan karir strukturalnya yang dimulai sebagai Kepala Bagian pada berbagai titik layan yang ada di perpustakaan, hingga Sekretaris Eksekutif perpustakaan dan mencapai puncaknya sebagai Direktur perpustakaan pada tahun 2010 - 2013.

Dia memperoleh penghargaan sebagai Pustakawan Terbaik I KOPERTIS Wilayah VI Jawa Tengah (2009) dan juga Pustakawan Terbaik IV dari 15 Finalis Nasional Tenaga DIKTENDIK Berprestasi, DIKTI (2009). Dia adalah nara-sumber, fasilitator, dan pelatih pada berbagai seminar/lokakarya perpustakaan, serta dewan juri kompetisi pustakawan berprestasi yang diselenggarakan oleh KOPERTIS Wilayah VI Jawa Tengah dan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Jawa Tengah. Dia juga tutor tatap muka dan tutor online program S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka. Saat ini dia aktif sebagai salah seorang pengurus Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Wilayah DKI Jakarta.

Beberapa karya tulisnya yang dipublikasikan, antara lain:

  • "The Development of Digital Technology Library In Indonesia: A Case Study in Satya Wacana Christian University Library, Salatiga, Central Java", In Dialogue Through Digital Libraries II Workshop. Tokyo: International Christian University (ICU), 2004.
  • "Mencari Spirit Teknologi", Genta Pustaka, vol. 3, no. 14, Jan-Juni 2009, p.39-41. ISSN 1978-1962. Semarang: Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata, 2009.
  • "Mencari Spirit Teknologi", Dalam Merajut Makna: Penelitian Kualitatif Bidang Perpustakaan dan Informasi, p. 144-161, Putu Laxman Pendit (ed.). ISBN 978-979-16952-3-7. Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri, 2009.
  • "Mengeksplorasi Kreativitas dan Prestasi Diri Pustakawan", Dalam Diskusi Pengaruh Kesehatan Mental terhadap Prestasi Pustakawan, di Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, 2010.
  • Modul Katalogisasi dan Modul Klasifikasi untuk Paket Pembelajaran Jarak Jauh. Salatiga: UKSW, 1993.

  • Deskripsi pekerjaan

    Merencanakan dan menumbuhkembangkan perpustakaan universitas dengan mengatur dan mengelolanya secara efisien dan efektif seiring dengan perkembangan kurikulum yang diselenggarakan, program penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan serta memperhatikan peluang mengadopsi perkembangan teknologi & informasi (TIK) perpustakaan maupun pergeseran pola belajar generasi baru yang mengikutinya.