Universitas Matana

Dr. rer. Nat. Maria Prihandrijanti, ST

Ketua LPPM

Dr.rer.nat. Maria Prihandrijanti, ST. mendapatkan gelar Doktor bidang Lingkungan (Umweltwissenschaften) khususnya di bidang Domestic Wastewater Treatment and Ecological Sanitation di University of Vechta, Germany dengan predikat Magna Cum Laude pada tahun 2006. Studi doktoral ini direkomendasikan oleh Doktorvater-nya di Institute of Wastewater Management and Water Protection Technische Universitaet Hamburg-Harburg, Germany tanpa harus melewati studi S-2 (Master) di Institut tersebut terlebih dahulu. Studi S-1 nya diselesaikan dari jurusan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada tahun 1995 dengan predikat Sangat Memuaskan.

Karirnya dimulai sebagai Environmental Engineer dan Auditor for ISO 9002 (Quality Management System) and ISO 14001 (Environmental Management System) Implementation di sebuah pabrik kertas besar di Jawa Timur (1995-1998), dan kemudian berpindah ke jalur akademik dengan memulai karir sebagai peneliti di Center for Environmental Studies dan dosen di jurusan Teknik Kimia bidang Teknologi Bioproses dan Proses Lingkungan Universitas Surabaya (1998-2013). September 2013 beliau memulai karirnya sebagai dosen di Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Surya di Tangerang dan kemudian menjabat sebagai pimpinan Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Surya sejak Maret 2014 - Januari 2017. Di samping itu, beliau juga menjadi Ketua/Koordinator Tim Pengembangan Kawasan Baru Surya Green and Smart City (Januari 2015 - Agustus 2016).

Berbagai pengalaman mengajar, meneliti, publikasi karya ilmiah, pengabdian masyarakat serta mengikuti berbagai pelatihan tingkat nasional dan internasional dimilikinya, khususnya yang terkait dengan bidang keahlian utamanya yakni water and domestic wastewater management, sustainable sanitation, serta sustainable city and green building.

Beliau bergabung dengan Universitas Matana sejak 1 November 2016 sebagai Ketua Lembaga Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat Universitas Matana, dan sejak bulan Januari 2017 juga menjabat sebagai Sekretaris Senat Universitas Matana.