Universitas Matana

Pentingnya Investasi di Zaman Now

Diposkan pada 30 Oktober 2017



Di Indonesia tingkat investasi sedang mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam setiap semesternya. Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi pada bulan Januari hingga Juni 2017 telah mengalami peningkatan sebesar 12,9% dari tahun sebelumnya yaitu bulan Januari hingga Juni 2016 menjadi sebesar Rp 336,7 T. Akan tetapi, jika dilihat secara mendetail minat masyarakat Indonesia untuk menabung di pasar modal masih terbilang rendah.

Menurut informasi yang diperoleh dari Antaranews.com, Deputi Komisioner Pengawasan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sardjito dalam acara Investment Festival tahun 2016 di Yogyakarta mengatakan bahwa tingkat implementasi pemahaman masyarakat akan pasar modal dengan menabung saham masih dibawah satu persen. Oleh karena itu, telah banyak upaya yang terus dilakukan dalam melakukan sosialisasi untuk meningkatkan literasi masyarakat mengenai pasar modal. Salah satu upaya tersebut yaitu OJK membuat campaign "Yuk, nabung Saham!" dengan beragam pihak serta instansi terkait untuk membantu menyemarakkan gerakan ini.

Sejalan dengan langkah OJK, Manivesto yang merupakan sebuah komunitas investment yang ada di Matana University yang resmi dibentuk pada tanggal 12 September 2017 yang bertujuan untuk menjadi sebuah wadah yang mampu menjawab semua kebutuhan dan keinginan Mahasiswa Matana University yang memiliki minat/passion dalam investasi di pasar modal. Alasan utama yang melatarbelakangi kami untuk membuat komunitas ini yaitu karena kami telah mendengar banyaknya aspiasi mahasiswa Matana University untuk berinvestasi saham di pasar modal tetapi masih belum memiliki pengetahuan mendalam mengenai tips dan trik untuk mulai berinvestasi.

Langkah awal yang Manivesto lakukan untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan mengadakan acara Investment Week. Acara ini diadakan selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 23-25 Oktober 2017 lalu dengan tema "Young Generation, Let`s Invest!!!" di Aula Matana University yang dihadiri lebih dari 150 peserta. Acara ini dibawakan oleh seorang MC Matana University yang bernama Tirza Tiffani dan seorang moderator Matana University bernama Vio. Acara ini terdiri dari beberapa kegiatan inti seperti: pelantikan pengurus Manivesto dan Digimark, sambutan dari Kennedy selaku ketua komunitas Manivesto dan Kelvin selaku ketua komunitas Digimark, seminar dengan topik "Investment in Indonesia`s Capital Market" yang dibawakan oleh ibu Fasha Fauziah yang merupakan seorang Senior Officer di Bursa Efek Indonesia. Workshop berisi pengenalan dalam bertransaksi saham dengan bapak Reha Mauren yang merupakan seorang Marketing and Sales Development Coordinator dari MNC Sekuritas, serta lomba Stocklab.

Lomba Stocklab ini telah berhasil diikuti oleh kurang lebih 25 perserta lomba yang berasal dari mahasiswa Matana University maupun mahasiswa dari universitas lainnya. Lomba Stocklab tersebut disponsori oleh beberapa pihak, seperti: BEI yang memberikan total hadiah berupa uang kas sebesar Rp 1.500.000,- yang dibagikan kepada 3 orang pemenang serta voucher rekening sekuritas yang disponsori oleh MNC Sekuritas dengan total nilai sebesar Rp 500.000,- bagi 3 orang pemenang. Tak hanya itu, untuk memeriahkan rangkaian kegiatan Investment Week 2017 ini, acara ini diisi dengan beberapa acara hiburan yang menarik seperti: penampilan dari Sam selaku mahasiswa Matana University yang mahir dalam bermain piano, penampilan spesial dari Matana Voice, serta penampilan modern dance dari UKM dance Matana University serta adanya photo contest dengan menggunakan background photobooth Investment Week 2017. Rangkaian acara Investment Week 2017 ini ditutup oleh pengumuman pemenang lomba dengan foto bersama dan prosesi penyerahan hadiah juara lomba Stocklab yang dilakukan oleh Bapak Kurniawan selaku kepala program studi Akuntansi, Ibu Fikha selaku perwakilan dari pihak MNC Sekuritas, serta Bapak Yandi selaku kepala program studi Manajemen.

Terdapat beberapa kalimat penutup dari Bapak Yandi serta Jessica Dorothy selaku ketua acara Investment Week 2017 berharap bahwa acara Investment Week 2017 ini dapat memberikan pencerahan dalam meningkatkan pengetahuan peserta dalam bidang investasi di pasar modal serta dapat menjadi agenda tahunan yang rutin diselenggarakan oleh komunitas Manivesto tentu dengan topik yang lebih menarik serta target audience yang jauh lebih banyak. Tak hanya itu, Jessica juga menghimbau kepada mahasiswa Matana yang tertarik dengan dunia investasi pasar modal maupun sekadar tertarik dengan permainan Stocklab untuk segera bergabung bersama kami dalam komunitas Manivesto.




Share Info :

LATEST POST

120x70

Penghargaan Kepada Relawan Pajak Universitas Mat
18 Oktober 2018


120x70

Peringatan "WORLD CLEANUP DAY" di Matana
15 Oktober 2018


120x70

MATANA PEDULI LOMBOK
15 Oktober 2018


120x70

Universitas Matana Gelar Wisuda Perdana & Dies Nat
21 September 2018


120x70

Dosen menulis buku ajar bersama Penerbit Andi
19 September 2018




LIKE US ON FACEBOOK