Universitas Matana

Matafin Universitas Matana sebagai Semifinalis Indonesia Investment Banking Competition (IIBC)

Diposkan pada



Indonesia Investment Banking Competition (IIBC) merupakan ajang kompetisi tahunan lingkup internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Prasetya Mulya. Tahun ini Universitas Matana mengirimkan dua tim dari prodi Manajemen yaitu tim Matafin 1 yang berisi Anastasia Adelia, Yusika Yerico, dan Vincent Wicaksana serta tim Matafin 2 yang berisi Tiara Andani, Leni Yulianti, dan Zola Armando. Secara umum ajang kompetisi IIIBC terdiri dari 2 fase yaitu fase penyisihan awal dan fase final.

Setiap tim menerima bahan materi perlombaan berupa kasus awal yang diberikan dari 23 Maret 2018-20 April 2018. Dalam fase penyisihan, tepatnya tanggal 9 Mei 2018 tim Matafin 2 berhasil terpilih kedalam peringkat 25 besar sehingga mendapatkan kesempatan besar untuk melanjutkan ke fase kedua.

Pada hari pertama tepatnya pada tanggal 14 Mei 2018, rangkaian acaranya terdiri dari persentasi hasil, seminar mengenai outlook dari perekonomian Indonesia di masa digitalisasi ini dan Venture Captial sebagai lembaga pemodalan bagi startups, dan pembagian kasus untuk dikerjakan dan dipresentasikan pada hari terakhir. Komposisi penilaian presentasi yang dilakukan ini memiliki bobot point 50% dimana 50% poin lainnya didapat dari kasus yang diberikan pada sore hari. Tahap penilaian tersebut dilakukan untuk mencari 5 besar dari tim peserta yang berkompetisi.

Pada hari kedua, tim Matafin 2 mengikuti seminar yang yaitu "Investment Banking Talks" serta "Chartered Financial Analyst Talks" dimana Prasetya Mulya mengundang beberapa prakstisi yang handal di dunia pasar modal dan memberikan wawasan mengenai peserta yang ingin terjun ke dunia pasar modal serta pentingnya sertifikasi di dunia pasar modal. Pada hari kedua juga, terdapat sesi "Networking with peers" dan "Networking with Practitioners" dimana setiap tim dapat berbincang dengan peserta lomba lain serta berbincang dengan praktisi pasar modal dimana praktisi yang diundang adalah alumni dari Prasetya Mulya yang bekerja di Investment Banking, Private Equity Fund Company, menjadi riset analis, dan berbagai profesi lainnya di pasar modal.


Pada hari ketiga, yang merupakan tahap final perlombaan IIBC, diadakan di The Spring. Pada hari terakhir, diumumkan peserta yang masuk kedalam 5 besar untuk mempresentasikan final case. Peserta yang masuk kedalam 5 besar adalah dari Universitas Indonesia sebanyak 2 tim, Universitas Prasetya Multya sebanyak 2 tim, dan Institut Teknologi Bandung 1 tim. Universitas yang keluar sebagai pemenang adalah Universitas Prasetya Mulya di posisi pertama dan Universitas Indonesia di posisi kedua dan ketiga. Pada kegiatan lomba kali ini tim Matafin 2 belum berhasil masuk ke dalam peringkat 5 besar, akan tetapi kami akan berusaha untuk mengikuti event lomba dibidang pasar modal lainnya di event-event selanjutnya untuk mengharumkan nama Matana University.



Share Info :

LATEST POST

120x70

Dosen menulis buku ajar bersama Penerbit Andi
19 September 2018


120x70

Lokakarya Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan Datab
23 Juli 2018


120x70

Kerjasama Matana University dengan Pengurus Besar
20 Juni 2018


120x70

Matafin Universitas Matana sebagai Semifinalis Ind


120x70

Pentingnya Mengikuti Ujian Sertifikasi Profesi di
04 April 2018




LIKE US ON FACEBOOK