Universitas Matana

Lokakarya Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan Database E-Journal

Diposkan pada 23 Juli 2018



Bertempat di aula Universitas Matana, Kemenristek-DIKTI bekerjasama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Wilayah DKI Jakarta telah menyelenggarakan "Lokakarya Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan Database E-Journal." Pada batch 1 lokakarya ini tidak kurang dari 45 perguruan tinggi swasta (PTS) di lingkungan Kopertis 3 dan 1 perguruan tinggi negeri (PTN) yang berada di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang didalam jaringan kerjasama FPPTI DKI Jakarta hadir di Universitas Matana untuk berpartisipasi sebagai peserta.


Kasie.Jurnal Ilmiah Internasional Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristek DIKTI, Luthfi Ilham Ramhani selaku nara sumber memaparkan tentang kebijakan nasional berlangganan e-journal. Akses terhadap e-journal database sebagai sumber informasi primer akan bermuara kepada meningkatnya mutu orisinalitas dan kebaruan jumlah publikasi ilmiah Indonesia di tingkat internasional. Sedangkan dana yang disediakan untuk melanggankannya terbatas. Lebih lanjut Luthfi mengemukakan bahwa di tahun 2018 ini hanya 400 perguruan tinggi dengan akses tinggi pada tahun sebelumnya yang memperoleh akun akses institusi. Bagi perguruan tinggi yang lain disediakan solusi untuk menggunakan akun akses Kopertis-nya masing-masing.


Sedangkan lokakarya diisi dengan "Praktek Penelusuran Cerdas Database E-Journal," "Pemanfaatan IT untuk Pengelolaan Karya Ilmiah," dan "Implementasi Pemanfaatan Referensi menggunakan Mendeley" oleh Tim Pakar yang sudah diseleksi oleh DIKTI diantara pustakawan dari berbagai perguruan tinggi. Pada hari Senin, 16 Juli 2018 tersebut Tim Pakar yang memfasilitasi lokakarya ini, adalah: Suwondo (Universitas Diponegoro), Lasi (Universitas Surabaya), dan Purwani Istiana (Universitas Gadjah Mada) (Lien-MU).


Share Info :

LATEST POST

120x70

Dosen menulis buku ajar bersama Penerbit Andi
19 September 2018


120x70

Lokakarya Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan Datab
23 Juli 2018


120x70

Kerjasama Matana University dengan Pengurus Besar
20 Juni 2018


120x70

Matafin Universitas Matana sebagai Semifinalis Ind


120x70

Pentingnya Mengikuti Ujian Sertifikasi Profesi di
04 April 2018




LIKE US ON FACEBOOK