Universitas Matana

Dosen menulis buku ajar bersama Penerbit Andi

Diposkan pada 19 September 2018



Perpustakaan Universitas Matana bekerja sama dengan Penerbit Andi menyelenggarakan "Workshop Penulisan Buku Ajar" pada Jumat, 31/8, yang lalu di ruang P.305 Universitas Matana. Kegiatan ini menarik minat sejumlah 33 peserta yang terdiri dari pejabat rektorat, ketua program studi, dan dosen Universitas Matana untuk turut berpartisipasi.

Kegiatan diawali dengan sambutan Rektor Universitas Matana, Arry Basuseno dilanjutkan dengan sambutan Joko Irawan Mumpuni selaku Direktur penerbitan. Dalam kesempatan ini, kedua pihak juga menandatangani perjanjian kerja sama dalam bidang penerbitan bersama karya tulis civitas academica Universitas Matana oleh Penerbit Andi dalam bentuk buku.


Joko memaparkan beberapa hal yang menjadi motivasi seseorang untuk mempublikasikan tulisan mereka, seperti keuntungan finansial, pengabdian masyarakat, promosi diri, dan tuntutan regulasi dalam hal ini kepentingan jenjang fungsional akademik dan akreditasi. Di dunia pendidikan, selain keuntungan finansial, publikasi tulisan dalam bentuk buku sangat penting untuk menambah angka kredit dosen sekaligus menaikkan nilai akreditasi prodi maupun institusi. Untuk mencapai angka kredit maksimal, dibutuhkan penerbit berskala nasional yang memiliki jangkauan distribusi di seluruh Indonesia, seperti Penerbit Andi. Materi dilanjutkannya dengan pembahasan trend pasar dan trik pemilihan topik yang dapat diangkat menjadi tulisan.


Nara sumber kedua, Edy S. Mulyanta Manajer penerbit menyampaikan tentang teknik penulisan dan tata-letak untuk naskah yang akan diterbitkan serta pembahasan tentang pentingnya mencantumkan sumber referensi untuk menghindari terjadinya plagiasi. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama


Share Info :

LATEST POST

120x70

Penghargaan Kepada Relawan Pajak Universitas Mat
18 Oktober 2018


120x70

Peringatan "WORLD CLEANUP DAY" di Matana
15 Oktober 2018


120x70

MATANA PEDULI LOMBOK
15 Oktober 2018


120x70

Universitas Matana Gelar Wisuda Perdana & Dies Nat
21 September 2018


120x70

Dosen menulis buku ajar bersama Penerbit Andi
19 September 2018




LIKE US ON FACEBOOK