Universitas Matana

Perlunya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis - Workshop XL Future Leader

Diposkan pada 27 Mei 2019



Pada 29 April 2019 di Matana University diadakan Program XL Future Leaders. Program ini sendiri dimulai sebagai visi dari mantan CEO XL FUTURE LEADERS, Pak Hasnul Suhaimi, yang ingin membuat program pengembangan kepemimpinan kelas dunia untuk memberdayakan para pemimpin Indonesia di masa depan sesuai dengan tujuan yang diakui secara nasional agar Indonesia menjadi salah satu dari 5 teratas ekonomi dunia pada tahun 2030. Visi ini akan melibatkan penciptaan program pengembangan kepemimpinan dua tahun yang intensif untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi kerasnya kepemimpinan dalam konteks global, serta kurikulum elektronik yang akan gratis bagi siapa saja yang menginginkannya untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan mereka.

Sebagai hasilnya, konsultasi berbasis Selandia Baru yang sangat terkemuka pendidikan kognisi dibawa untuk melakukan survei terhadap kebutuhan pendidikan yang akan mempersiapkan para pemimpin muda Indonesia yang terbaik untuk menghadapi tantangan di masa depan. Survei mengungkapkan tiga kompetensi inti yang membentuk dasar daya saing dalam ekonomi global: komunikasi yang efektif, kewirausahaan dan inovasi, dan mengelola perubahan. Selain itu, survei ini mengungkapkan perlunya peningkatan keterampilan berpikir kritis, yang merupakan tema mendasar di balik kurikulum yang akhirnya dirancang kognisi khusus untuk program XL Future Leaders.

Maka dari itu, Matana University memandang dasar dari adanya jiwa kepemimpinan salah satunya ialah berpikir secara kreatif serta mampu menjadi pribadi yang berbeda dari orang lain dengan cara pandang berpikir kita masing-masing melalui kreatifitas tanpa batas. Berangkat dari penjelasan di atas melalui salah satu komunitas mahasiswa Matana University yaitu Management Student Community (MSC), yang berada di bawah Program Studi Manajemen ingin membawa dan mengarahkan mahasiswa untuk bisa meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dan kritis dengan mengadakan suatu kegiatan yang berjudul Creative Thinking dengan memiliki rangkaian kegiatan berupa workshop dengan praktek bagaimana masing-masing kelompok menunjukan suatu barang bisa dijadikan objek modern dan sesuatu benda yang biasa bisa berubah menjadi benda yang memiliki unsur teknologi canggih. Rangkaian acara tersebut memiliki tujuan memberikan pengetahuan mengenai cara untuk menciptakan atau mengasah keterampilan berpikir secara kreatif dan kritis bisa mengubah hal biasa menjadi barang yang luar biasa, memberikan pengetahuan mengenai jiwa kepemimpinan, mendorong mahasiswa untuk menciptakan dan membangkitkan percaya diri serta pantang menyerah ketika akan memulai sesuatu hal baik, seperti start up atau hal lainnya, kemudian mengajak mahasiswa untuk melihat dan memahami peluang bisnis dengan cara memanfaatkan suatu hal biasa yang bisa di ubah menjadi sesuatu yang berguna berdasarkan teknologi modern. Panitia acara XL FUTURE LEADERS membuat beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan selama dua jam.

Rangkaian acara dimulai dari penyampaian materi Creative Thingking yang dilaksanakan di Aula Matana University pada tanggal 29 April 2019.

Setelah penyampaian materi bagaimana meningkatkan keterampilan berpikir secara kreatif dan kritis, selanjutnya diisi dengan acara pembagian kelompok dimana masing-masing kelompok sudah ditentukan benda atau objeknya, kemudian tugasnya adalah merubah benda itu menjadi benda yang luar biasa sesuai kreatif berfikir dalam kelompok.

Kemudian mahasiswa dipersilahkan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya selama 15 menit. Hasilnya pun berbeda-beda sesuai benda atau objek yang telah ditentukan.


Share Info :

LATEST POST

120x70

Pemanfaat Limbah Kertas Sebagai Media Seni Kolase
19 Agustus 2019


120x70

Matana University Siapkan Lulusan Bidang Otomasi d
22 Juli 2019


120x70

Akreditasi Program Studi Statistika
28 Juni 2019


120x70

Matana University Raih 3 Gelar di ASA League 2019
28 Juni 2019


120x70

Akreditasi Program Studi Fisika
28 Juni 2019




LIKE US ON FACEBOOK