Universitas Matana



Hospitality & Pariwisata

Program ini dirancang bagi siswa untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilan mendasar pada bidang-bidang utama dari aspek manajemen dan operasional di industri hospitality. Dengan bergabung dalam program ini siswa akan diperkenalkan dengan keunikan bisnis hospitaliti dan mendapatkan keterampilan manajerial dan operasional yang dibutuhkan dalam bisnis penginapan, makanan dan minuman, serta bisnis hospitaliti lainnya.


Profil Lulusan

  • Room Division Manager
  • Mampu menjalankan fungsi-fungsi manajemen untuk mengelola berbagai aktivitas dan sumber daya yang ada di area kantor depan (front office), area publik, dan tata graha (housekeeping)

  • Food and Beverage Manager
  • Mampu menjalankan fungsi-fungsi manajerial untuk mengelola berbagai aktivitas dan sumber daya di restoran dan bar dengan berfokus pada penyampaian layanan yang berkualitas tinggi (excellent service)

  • Chef
  • Mampu menjalankan fungsi-fungsi manajerial untuk mengelola berbagai aktivitas dan sumber daya di dapur komersil, baik untuk memroduksi makanan utama maupun roti dan kue

  • Event Manager
  • Mampu menjalankan fungsi-fungsi manajerial untuk mengelola berbagai aktivitas dan sumber daya dalam menyiapan event di berbagai skala


    Kompetensi

    1. ATTITUDE (TINGKAH LAKU)

    Siswa akan mengembangkan profesionalisme dan sikap melayani yang sangat dibutuhkan untuk dapat berhasil di industri hospitaliti.


    2. SKILL (KETERAMPILAN)

  • Soft skills (personality traits, social graces, grooming, communication, language, personal habits, interpersonal relation)
  • Keterampilan teknis (room division operation, food & beverage operation, event organizing)
  • Keterampilan bahasa asing (English and Mandarin Conversation)
  • Keterampilan wirausaha
  • Keterampilan manajemen dan kepemimpinan (developed through students involvement in various events in and outside Matana University)
  • Keterampilan untuk melakukan penelitian dan pengembangan (research based teaching and learning)

  • 3. KNOWLEDGE (PENGETAHUAN)

  • Pengetahuan dasar pariwisata – hospitality & tourism industry perspective, tourism economy, culture and international tourism, working in social diversity
  • Manajemen – general principals and functions of management
  • Akuntansi dan keuangan – to provide basic understanding of financial management for hospitality business
  • Manajemen Bisnis Hospitalti – hotel management, event management, f&b service management, room division management, food production management, excellent service quality management, marketing

  • 4.STRUKTUR PROGRAM DAN MASA STUDI

  • Masa studi adalah 8 semester.
  • Setiap semester terdiri dari 16 minggu (sudah termasuk Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester)
  • Total SKS adalah 144 sks
  • Struktur program adalah sebagai berikut :
  • 6 semester perkuliahan di kampus (semester 1-4, 6, and 8)
  • 2 semester industrial job training (semester 5 & 7)

  • 5.FASILITAS BELAJAR

  • Main kitchen
  • Pastry kitchen
  • Restaurant & bar
  • Front office
  • Mock-up rooms
  • Laundry room
  • LIKE US ON FACEBOOK