Universitas Matana



VISI

Menjadi perguruan tinggi terpercaya, berwawasan global, yang berperan dalam meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan, yang merupakan Karunia Tuhan, untuk kesejahteraan umat manusia.


MISI

Menyiapkan dan mendidik generasi penerus menjadi sarjana yang penuh kasih dan ahli di bidangnya serta berjiwa entrepreneur, yang mampu berkiprah dalam dunia bisnis global melalui Tridharma Perguruan Tinggi.


Tentang Matana

Universitas Matana mulai beroperasi pada bulan Agustus 2014, berlokasi di Gedung Ara Center Tower D (Kampus sementara) lantai 1 - 5, dan lantai 10 – 12, dengan 10 program studi. Universitas Matana mendidik calon-calon eksekutif bisnis masa depan dalam berbagai bidang, dengan memberi penekanan yang seimbang antara pengetahuan akademik dan pembentukan karakter mahasiswa, sehingga lulusan Universitas Matana adalah sarjana yang menguasai pengetahuan dan ketrampilan tertentu dan memiliki INTEGRITAS (INTEGRITY) yaitu keterpaduan antara keyakinan, pemikiran, kata dan tindakan; dan PELAYANAN (STEWARDSHIP) yaitu pencarian, pengembangan, penggunaan bakat, waktu dan aset yang dipercayakan Tuhan untuk melayani dan mengembangkannya dengan integritas; serta SALING MENGHARGAI (RESPECT) terhadap pemangku kepentingan dalam semangat integritas dan pelayanan.

Karena itu, seluruh pengalaman akademik mahasiswa difokuskan bagi aktualisasi kapasitas belajar yaitu kapasitas intelektual, sosial, entreprenurial, dan, spiritual. Sarjana Matana adalah manusia terdidik dan trampil karena selain memiiki budaya research dan keilmuan, juga seimbang dengan nilai moral dan keseganan kepada Tuhan.

Proses pembelajaran yang evidence-driven adalah karakeristik khusus Universitas Matana, dimana mahasiswa dan dosen akan berkolaborasi dalam pembelajaran berbasis-penelitian atau research-based-teaching and learning (RBTL) untuk mengkonstruksi pengetahuan dan ketrampilan bukan menghafal konten buku-teks. Selain itu, proses pembelajaran mengkombinasi pendekatan vokasi dan pengembangan akademik mahasiswa, sehingga mahasiswa tidak hanya menguasai pengetahuan teoritik semata, tetapi juga memiliki kompetensi ketrampilan di program studi yang ditekuninya. Dengan kombinasi proses pembelajaran ini, maka setelah mahasiswa memperoleh sertifikat ketrampilan tertentu selama masa kuliah berlangsung, mahasiswa sudah dapat menggunakannya untuk bekerja, sambil kuliah. Selain itu, pada akhir masa studi mahasiswa akan memperoleh ijasah sarjana dan juga sertifikat kompetensi ketrampilan tertentu, sehingga memudahkan lulusan memperoleh pekerjaan secepatnya setelah lulus.

Proses demikian mampu mengintegrasikan tridharma PT karena ditopang secara integratif oleh Pusat Pengembangan Sistem Pembelajaran (PPSP), Pusat Penelitian, Pegembangan Ilmu dan Kajian Teknologi (P3IKT) dan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M), serta Pusat Pendidikan Vokasi.

Dalam proses pembelajaran apabila mahasiswa belum mampu mencapai indeks prestasi minimal setiap semester, mereka akan dibantu secara profesional oleh Pusat Bimbingan dan Konseling untuk membantu mahasiswa mengatasi kendala yang mengganggu capaian pembelajarannya, serta penguatan motivasi mahasiswa sehingga mampu mengejar ketertinggalannya.

Bagi Universitas Matana, mahasiswa adalah insan potensial dan asset social yang harus dikembangkan dan di dorong menjadi manusia yang berintegritas, melayani, dan menghargai manusia dan kemanusiaan. Mari bergabung ke tempat yang tepat demi masa depan anda. Kemana lagi kalau bukan ke Universitas Matana..??


Salam hangat,
Dr (HC) Willi Toisuta, PhD
Rektor.

Like Us on Facebook