Berita

Bingung Mulai dari mana? Ini Langkah-langkah Untuk  Memulai Skripsimu

Buat kamu mahasiswa semester akhir pasti kepikiran sama skripsimu nanti kan? Mulai dari topiknya, metode yang digunakan, atau dosen pembimbing yang sesuai untuk topik skripsimu. Bahkan ada mahasiswa yang kepikiran sejak awal semester masuk kuliah. Biar tidak gagal di tengah jalan ini dia langkah-langkah yang bisa kamu terapkan biar skripsimu lancar sampai lulus sidang. 

1. Tentukan Topik

Sebelum jauh-jauh ke metode yang digunakan, kamu harus menentukan topik skripsi yang akan kamu pilih. Tidak hanya menentukan, tapi kamu harus memahami betul topik tersebut karena nantinya akan mempengaruhi metode yang digunakan. Jadi setidaknya kamu juga menyukai topik yang kamu pilih agar lebih mudah untuk mengerjakan skripsi. 

2. Pilih Metode Penelitian 

Di dalam penulisan skripsi, terdapat dua metode yang paling umum diterapkan, yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Namun, ada juga yang menggunakan mixed methods atau percampuran dua metode. Kembali lagi penentuan topik penelitian ini berdasarkan topik yang sudah kamu tentukan tadi. 

3. Membuat Kerangka Penelitian

Suksesnya skripsimu juga bergantung pada runtutan penyusunan penelitian. Setiap kampus memiliki standar yang berbeda-beda, tapi pada umumnya penyusunan skripsi terdiri dari 5 bab, yaitu Pendahuluan, Penelitian Terdahulu, Metode Penelitian, Hasil Penelitian atau Pembahasan, dan yang terakhir Kesimpulan dan Saran.

4. Penggunaan Data yang Valid

Di dalam penulisan penelitian dibutuhkan data-data yang kredibel untuk mendukung penelitian. Kamu perlu memastikan data-data yang digunakan dari sumber terpercaya, baik itu teori atau pun narasumber yang dibutuhkan. Referensi yang valid biasanya melalui jurnal luar negeri maupun buku-buku karya ilmiah dengan penerbit yang terpercaya. Lewat Internet kamu akan mudah menemukan sumber yang beragam, sehingga kamu perlu mengecek kembali validasi data tersebut. Jangan lupa hindari copy paste ya!

5. Tidak Takut Bertanya

Takut bertanya, sesat di jalan! Pepatah tersebut benar banget lho. Pasalnya dengan bertanya kepada dosen pembimbing, kamu akan mendapatkan pencerahan untuk penelitianmu. Kamu perlu rutin mengkonsultasikan skripsi kepada pembimbing agar selesai tepat waktu

Leave a comment

Buka Percakapan
Ada yang ingin kamu tanyakan?
CS Matana University
Halo Tim Matana Unversity