Berita

Program Studi Manajemen Universitas Matana merupakan program studi manajemen berbasis ICT

Visi

Menjadi Program Studi Manajemen terpercaya berwawasan global, yang berperan dalam meningkatkan kualitas ilmu Manajemen, yang merupakan Karunia Hikmat Tuhan, untuk kesejahteraan umat manusia.

Misi

  1. Menyiapkan dan mendidik generasi penerus menjadi Sarjana yang menguasai bidang Manajemen yang penuh kasih.
  2. Menyiapkan dan mendidik generasi penerus yang ahli di bidangnya serta berjiwa entrepreneur
  3. Menyiapkan dan mendidik generasi penerus yang mampu berkiprah dalam dunia bisnis global melalui pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Program Studi Manajemen Universitas Matana merupakan program studi manajemen berbasis Information, Communication and Technology (ICT) yang disiapkan secara seksama untuk mampu menjawab tantangan jaman dengan mempersiapkan mahasiswa yang menguasai kemampuan manajerial dan bisnis era ICT. Dewasa ini kehadiran ICT dengan perkembangannya yang luar biasa merupakan faktor utama yang mengubah peradaban dan perekonomian dunia yang semula mengandalkan sumber daya alam kini mengalami pergeseran paradigma ke ekonomi baru yakni information economy. Di era ini kita tidak hanya membutuhkan para technopreneur (entrepreneur berbasis ICT) yang cerdas melihat peluang namun juga dibutuhkan manajer-manajer yang memiliki kompetensi unggul dan mampu memanfaatkan teknologi.

Konsentrasi prodi Manajemen adalah :

Digital Marketing

Program studi Manajemen Universitas Matana khususnya konsentrasi Digital Marketing dihadirkan untuk mengantisipasi kebutuhan akan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pemasar internet dan digital yang handal. Kurikulum dan tenaga pengajar yang tersedia sangat mengakomodir mahasiswa untuk siap menjadi digital marketer yang handal. Matana University selalu melihat kepada kebutuhan SDM saat ini dan kedepannya, yaitu dengan semakin terus meningkatnya pengguna internet di Indonesia dan dunia sehingga kebutuhan SDM bidang digital marketing menjadi sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Sebagai digital marketer, disamping sangat dibutuhkan di dunia kerja, dapat juga merupakan asset bagi mereka yang akan membuka usahanya sendiri (menjadi wirausahawan/entrepreneur).

Manajemen Sekuritas

Prodi Manajemen Universitas Matana khususnya konsentrasi manajemen sekuritas dihadirkan untuk mengantisipasi penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Pasar Modal dan Perbankan

Kebutuhan akan ahli di bidang pasar modal sangat dibutuhkan mengingat pasar modal bukan hanya ada di dalam negeri tetapi juga di mancanegara. Dan bidang usaha atau fungsi2 yang berkaitan dengan dunia pasar modal sangat banyak. Pelaku di pasar modal antar lain Otoritas Jasa Keuangan, Bursa Efek, Perusahaan Efek yang jumlahnya banyak sekali, Emiten (pemilik saham dan surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal), Investor local dan asing.

Konsentrasi Manajemen Sekuritas Universitas Matana juga sudah memiliki kerjasama dengan bursa efek dan perusahaan sekuritas yang akan memfasilitasi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat melalui praktek langsung melalui Galery Investasi yang ada di Universitas Matana maupun melalui kunjungan langsung ke Bursa Efek dan perusahaan sekuritas.

Human Capital Management

Konsentrasi Human Capital mendidik mahasiswa menjadi pengelola Sumber Daya Manusia di perusahaan.

Proses Pembelajaran

Untuk membentuk Sarjana Universitas Matana yang menguasai ilmu pengetahuan dan ketrampilan di bidang manajemen serta memiliki sikap yang berintegritas, melayani dan saling menghargai dalam bekerja kelak, dilakukan dalam dua pendekatan, yaitu pendekatan pembentukan penguasaan akademik melalui ceramah, tutorial, praktek laboraturium, studi kasus dan magang. Selain itu pendekatan pembentukan sikap integritas, melayani, dan saling menghargai dibekali melalui pembinaan dalam kegiatan kemahasiswaan.

Tahun pertama mahasiswa diberi pengetahuan tentang konsep dan prinsip-prinsip seperti pengantar ekonomi, pengantar manajemen dan juga pengantar teknologi.

Tahun kedua, mahasiswa diberi pengetahuan lanjutan tentang konsep dan prinsip-prinsip manajemen dalam bidang manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia.

Tahun ketiga mahasiswa diberi pengetahuan lanjutan mengenai perilaku organisasi dan konsumen, komunikasi organisasi dan konsumen, etika dan hukum bisnis, bank dan lembaga keuangan lainnya serta kewirausahaan mandiri

Tahun keempat mahasiswa akan diarahkan kepada konsenstrasi peminatan manajemen digital marketing, manajemen Sekuritas dan Human Capital management. yang dititik beratkan pada pemecahan kasus-kasus nyata, praktek kerja nyata yang akan menjadi tema untuk penelitian mahasiswa.

Tahun keempat mahasiswa akan diarahkan kepada konsenstrasi peminatan manajemen digital marketing, manajemen Sekuritas dan Human Capital management. yang dititik beratkan pada pemecahan kasus-kasus nyata, praktek kerja nyata yang akan menjadi tema untuk penelitian mahasiswa.

Fasilitas dan Kerjasama

Fasilitas pembelajaran menggunakan ruang kelas yang ber AC, komputer yang terhubung dengan infocus serta bangku yang fungsional memberikan kenyamanan dalam kegiatan belajar. Fasilitas perpustakaan dilengkapi dengan buku-buku impor yang selalu diperbaharui terbitannya serta jurnal ilmiah nasional dan internasional.

Program Studi Manajemen Universitas Matana juga telah bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia dan Perusahaan Sekuritas untuk menyediakan Galeri Investasi. Kerjasama juga dilakukan dengan Bank Indonesia untuk membuka pojok Bank Indonesia di Universitas Matana.

Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengikuti Student Exchange ke manca Negara (Cekoslowakia dan Taiwan) selama 1 semester atau lebih, sehingga menambah wawasan global.

Copyright 2021. All Rights Reserved. Matana University

Buka Percakapan
Ada yang ingin kamu tanyakan?
CS Matana University
Halo Tim Matana Unversity