For a better experience, click the Compatibility Mode icon above to turn off Compatibility Mode, which is only for viewing older websites.

S1 Arsitektur

Program Studi Arsitektur Matana University mengedepankan konsep pembelajaran ‘think globally, act locally’, dimana mahasiswa akan dibekali konsep berpikir global dengan eksekusi yang tetap menjunjung lokalitas arsitektur bangunan Indonesia. Program studi ini tidak hanya mempelajari apa dan bagaimana sebuah bangunan, tapi juga tentang pemukiman, kawasan dan bahkan kota, serta memahami aspek dan konteks yang selalu melingkupinya, baik lingkungan alamnya, estetika, budaya, psikologi perilaku manusia, ekonomi, hukum, teknologi, sistem konstruksi, manajemen konstruksi dan lain sebagainya. Program studi ini juga difasilitasi oleh dosen dan praktisi yang berpengalaman dan populer di dunia arsitektur.

KOMPETENSI

  1. Tahun pertama, mahasiswa diberi pengetahuan dan penguasaan semua elemen dasar bangunan, sebagai pijakan perancangan Arsitektur bangunan (1-2 lantai).
  2. Tahun kedua, mahasiswa diberi pengetahuan dan penguasaan prinsip utama dan konteks yang mempengaruhi perencanaan dan perancangan bangunan umum (3-6 lantai) bentang besar dan interior. Mahasiswa mulai melakukan kunjungan lapangan (Jabodetabek) dan kerja praktek tahap awal.
  3. Tahun ketiga, mahasiswa diberi pengetahuan dan penguasaan lebih jauh tentang perencanaan dan perancangan bangunan tinggi (≥10 lantai), konteks yang mempengaruhi dan pengetahuan tentang pemukiman, kawasan dan perkotaan. Mahasiswa juga melakukan studi ekskursi (jabodetabek / luar kota) dan kerja praktik tahap kedua.
  4. Tahun keempat, mahasiswa diberi pengetahuan dan penguasaan lanjut tentang perencanaan dan perancangan bangunan multifungsi dan kerja praktik tahap final. Di semester akhir (8), mahasiswa akan menyusun skripsi penelitian dengan dua pilihan topik dasar, Arsitektur bagunan atau kawasan/kota.

FASILITAS DAN KERJASAMA

  • Laboratorium arsitektur dengan meja khusus arsitektur
  • Kerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Asosiasi Perguruan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI)

PELUANG KARIR

  • Arsitek di biro konsultan perancang bangunan, kawasan/kota & Interior, pengembang properti, kontraktor, manajemen konstruksi (MK)
  • Konsultan bidang Arsitektur di perusahaan Appraisal, Quantity Surveyor, Value Engineering dan lainnya
  • Pegawai Negri Sipil (PNS) di Kementerian PUPR, BAPPEDA, BAPPENAS, Pariwisata, Pemda kota/provinsi dan lainnya
  • Akademisi, Peneliti, Penulis ilmiah arsitektur & interior
  • Pengusaha (bekerja mandiri di bidang arsitektur dan yang terkait)
  • Arsitek perancang arsitektur & Interior, pengusaha rancang bangun, pengembang properti dan lainnya
  • Magang di beberapa perusahaan konsultan arsitektur dan pengembang properti, di antaranya adalah Paramount Land dan Parador