Berita

Ajak Generasi Muda Peduli Isu Sustainability Lewat New Zealand

Dr. Alison Subiantoro menjadi pembicara dalam seminar bertema “Building a More Sustainable Society: Lessons from New Zealand

TANGERANG, Pada Rabu (22/02) diadakan seminar dengan tema Building a More Sustainable Society: Lessons from New Zealand di Aula Matana University. Seminar ini menghadirkan Dr. Alison Subiantoro, seorang akademisi dari The University of Auckland, New Zealand. Adanya seminar ini mendorong mahasiswa untuk memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar demi kelangsungan hidup di masa yang akan datang.  

Isu tentang Sustainable ini penting dan digadang-gadangkan oleh banyak negara. Namun, masalah tentang keseimbangan hidup dikatakan merupakan hal yang kompleks dan setiap negara memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana dengan Indonesia yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 273 juta jiwa? (Sumber: Databoks)

Menurut Dr. Alison arti sederhana dari sustainable sendiri adalah memedulikan tentang masa depan. Ia menekankan ada tiga poin penting dalam masalah sustainable yaitu isu tentang lingkungan, ekonomi, dan sosial. Untuk menghadapi isu sustainable diperlukan pertimbangan  ke dalam tiga poin penting tersebut. New Zealand sendiri memiliki beberapa masalah dan tantangan untuk menjaga keberlanjutan kehidupan. 

“New Zealand saya akui negara yang kuat sekali brand sustainabilitynya, bisa dibilang New Zealand is one of the most sustainable nation in the world,” sebut Dr. Alison. 

Terdapat beberapa hal yang bisa kita lihat mengapa New Zealand sangat dikenal sebagai negara yang paling sustainable. Pertama, masyarakat Selandia Baru sudah terbiasa untuk hidup sustainable. Pemerintah telah mengesahkan beberapa peraturan untuk tetap menjaga keberlangsungan hidup, seperti Net Zero Emission, Zero Carbon pada 2050. Kedua, negara berkomitmen untuk menjaga konservasi satwa langka dan lingkungan. Ketiga, level polusi di New Zealand relatif rendah mulai dari udara, air, suara, maupun cahaya. 

Menurut Dr. Alison, sustainability ini merupakan isu yang sangat penting dan kita perlu aware terhadap isu-isu yang terjadi di Indonesia. Meskipun begitu, isu sustainability adalah isu yang kompleks. Di Indonesia sendiri memiliki masalah yang berbeda diikuti dengan ekonomi dan kepadatan penduduknya. 

“Justru tugas kita adalah potensi membangun, ketika teknologi bisa berdampingan dengan lingkungan dan membawa kemajuan” tutup Dr. Alison 

Semoga melalui seminar ini, teman-teman mahasiswa sebagai generasi muda dapat meningkatkan kepekaan dan berkontribusi untuk kelanjutan hidup di masa yang akan datang.

Buka Percakapan
Ada yang ingin kamu tanyakan?
CS Matana University
Halo Tim Matana Unversity